Laman

Translate

Thursday 13 March 2014

Ukuran Lapangan Permainan Sepak Bola sesuai Aturan FIFA

Permainan sepak bola merupakan permainan dan olahraga yang mendunia. Tak heran mulai kalangan anak-anak sampai orang dewasa bahkan lanjut usia pun ikut memainkannya atau hanya sekedar melihat pertandingan sepak bola.Sepak bola merupakan salah satu unsur penyatu di negara Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan selalu riyuh dan gemuruhnya stadion utama gelora bung karno apabila timnas Indonesia bertanding walaupun masih belum juga berprestasi. Banyak sekali orang di Indonesia yang hidup dari sepak bola. Permainan sepak bola tidak akan terlaksana apabila tidak ada lapangan. Pada postingan pertama saya pada label bola ini, saya akan menjelaskan tentang ukuran lapangan permainan sepak bola sesuai aturan FIFA  sebagai induk organisasi sepak bola dunia.Berikut penjelasannya : 
baca selanjutnya 

Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola harus persegi panjang dan ditandai oleh garis sebagai pembatas. Dua garis batas yang lebih panjang disebut garis sentuh( panjang lapangan). Selanjutnya, dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang (lebar lapangan). Bidang bermain dibagi menjadi dua bagian oleh garis tengah. Di tengah-tengah garis tengah terdapat lingkaran dengan jari-jari 9,15m. Di tengah lingkaran tersebut terdapat titik yang digunakan pemain untuk memulai pertandingan.

Panjang garis sentuh harus lebih besar dari panjang garis gawang,
  • Panjang (garis sentuh) lapangan sepak bola secara umum :
          Minimal 90 meter (100 yrd)
          Maksimal 120 meter (130 yrd)
  • Lebar (garis gawang) lapangan sepak bola secara umum :
          Minimal 45 meter (50yrd)
          Maksimal 90 meter (100 yrd)





Untuk pertandingan internasional 
  •  Panjang  Lapangan
           Minimal 100 meter ( 110 yrd)
           Maksimal 110 meter ( 120 yrd)
  • Lebar Lapangan
           Minimal 64 meter ( 70 yrd)
           Maksimal 75 meter (80 yrd) 

Daerah penalti :
Daerah penalti merupakan sebuah kotak persegi panjang yang memiliki panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Untuk melakukan tendangan pinalty jaraknya 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih. 

Daerah Penjaga Gawang atau goal area :
Daerah ini merupakan daerah kekuasaan penjaga gawang sehingga jika ada benturan dengan penjaga gawang maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran.

Daerah penjaga gawang terletak di dalam daerah penalti. Ukuran dari daerah gawang adalah panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter. Sedangkan tiang dan mistar gawang sendiri mempunyai ukuran harus memiliki perbandingan 3:2 dan berbentuk persegi panjang dengan tinggi tiang 2,4 meter dan  lebar mistar 7,3 meter.

Berikut gambar contoh lapangan sepakbola menurut FIFA.
Ukuran Lapangan Permainan Sepak Bola sesuai Aturan FIFA


Itu tadi penjelasan tentang ukuran lapangan permainan sepak bola sesuai aturan FIFA . Semoga postingan berikut ini bermanfaat bagi Anda.
 



2 comments:

  1. Bagaimana ukuran lapangan sepak bola untuk umur 17 tahun, apakah sama?
    penjual rumput lapangan sepak bola

    ReplyDelete
    Replies
    1. trmkasih sudah berkunjung
      menurut fifa kita dapat memodifikasi ukuran lapangan;berat,ukuran dan material bola;lebar antara tiang gawang dan tinggi mistar gawang dari
      tanah;durasi periode bermain;substitusi(pergantian). atau anda bisa menyimak law of the game dari fifa atau cek laman wisecountyyouthsoccer.org

      Delete